Monday 15 June 2009

Senator Pecah, Sebagian Dukung Mega-Prabowo

Senator Pecah, Sebagian Dukung Mega-Prabowo

Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) mulai secara terbuka menyatakan dukungan kepada capres yang bertarung. Bahkan, mereka sudah melakukan aksi penggalangan. Sabtu 13 Juni lalu, misalnya, sejumlah anggota DPD melakukan pertemuan tertutup di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Mereka mendukung Mega-Prabowo. Dalam pertemuan itu, kubu Mega-Prabowo diwakili Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDIP Taufik Kiemas, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Suhardi, dan Koordinator Penggalangan Massa Tim Kampanye Nasional Muhammad Yasin. Megawati tengah berada di Manado untuk kampanye terbuka. Suhardi membenarkan adanya pertemuan tertutup hampir tiga jam, mulai 18.30 sampai 21.15, itu. Dia menjelaskan sekitar 30 anggota DPD datang. Mereka mewakili 70 anggota di antara total 128 anggota DPD se -Indonesia yang secara pribadi condong mendukung pasangan Mega-Prabowo.

''Jadi, yang datang hanya separo mewakili 70 anggota DPD,'' klaim Suhardi di Jakarta kemarin (14/6). Menurut dia, dukungan konkret dari para senator itu bermakna signifikan. Sebab, masing-masing memiliki basis massa konkret di daerahnya. ''Tampaknya, visi misi kami sejalan,'' imbuh Suhardi.

Anggota DPD dari Bengkulu Muspani yang ikut dalam pertemuan itu menjelaskan, awalnya, mereka membicarakan perkembangan RUU Susunan Kedudukan Anggota DPR, DPD, dan DPRD (RUU Susduk) yang tengah digodok DPR. Sebab, ada indikasi kuat mengerdilkan DPD dengan mengharuskan setiap anggota DPD berada di provinsinya.

''Kami mengambil inisiatif mengumpulkan teman-teman untuk melobi PDIP. Sebab, fraksinya di DPR yang paling alot (bersikeras, Red) untuk 'mendaerahkan' DPD,'' kata Muspani. Di luar dugaan, imbuh dia, PDIP ternyata menerima masukan dari DPD. ''Pak Taufik sendiri menyampaikan, sepanjang tidak melanggar konstitusi tidak masalah,'' cetus Wakil Ketua Panitia Ad Hoc I (PAH I) DPD itu.

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home